bintang

Rabu, 18 Mei 2016

Timus Rainbow


Hai pembaca blog, saya memiliki resep yang unik namanya timus rainbow. Timus merupakan makanan tradisional berbahan dasar singkong yang diparut dan ditambahkan gula merah sehingga rasanya manis. Timus dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Nahhh.... kali ini saya mencoba resep tradisional dan sedikit dimodifikasi agar menjadi lebih menarik. Saat ini banyak makanan yang diberi nama “rainbow” , hal ini membuat saya ingin mencoba makanan tradisional timus yang diberi nama Timus Rainbow. Agar menghasilkan warna rainbow seperti pelangi, maka saya menambahkan pewarna makanan yang terdiri dari merah, hijau, pink, dan biru. Resepnya sebagai berikut.

Bahan:
  • 1 kg singkong (diparut)
  • 50 gr gula merah (dipotong-potong)
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  •  2 gr vanili bubuk
  •  Pewarna makanan (merah, hijau, pink, dan biru)
  • Daun pisang (untuk pembungkus)

Cara:
  1. Campur gula merah, gula pasir, garam, dan vanili ke dalam wadah singkong yang sudah diparut. Aduk rata.
  2.  Pisahkan singkong ke wadah menjadi 4 bagian.
  3. Masukan pewarna ke masing-masing wadah. Aduk sampai warna tercampur rata. Sisihkan.
  4. Ambil daun pisang, bungkus singkong yang telah diberi warna sedikit demi sedikit dan susun memanjang.
  5. Lakukan sampai adonan timus habis.
  6. Kukus selama 30 menit.
  7. Timus rainbow siap dinikmati.

bagaimana? mudah kan membuatnya?...
Selamat mencoba...

Sedikit cerita, resep ini dilakukan saya dan teman-teman saat mengikuti Kuliah Kerja Nyata di Desa Bantar Wangi, Banten. Saat itu saya ingin melaksanakan program demo masak untuk ibu-ibu yang ada di sana karena ingin memanfaatkan singkong yang ada di daerah tersebut. Selain membuat timus, saya juga membuat keripik kulit singkong yang yang enak. Untuk resep keripik kulit singkongnya segera menyusul yaaa......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar