bintang

Minggu, 24 Mei 2015

Cita-cita

CITA-CITA DIBALIK DIARY KECIL


Untuk menulis cita-cita masa kecil bagiku cukup sulit karena terlalu banyak cita-cita yang harus diceritakan satu per satu. Mengingat cita-cita masa kecil memang sangat berarti. Sejak kecil, cita-cita ku hanya tertulis dalam buku diary. Namun, tulisan yang ku tulis akan menjadi kenyataan apabila tulisan itu selalu diingat dan dibuka setiap waktu. Waktu kecil aku memiliki banyak cita-cita diantaranya menjadi seorang guru, chef terkenal, pelukis, arsitek, penyanyi, dan masih banyak lagi. Aku juga tak mengerti mengapa setiap tahun cita-cita ku selalu ganti. Yang aku tahu ada banyak hal yang aku ingin capai pada waktu kecil.
Saat usiaku berumur 14 tahun, aku menetapkan cita-cita untuk menjadi guru. Jadi, setiap ditanya oleh siapapun aku menjawab cita-cita ku adalah menjadi seorang guru. Saat ini, kampus tempat aku melanjutkan sekolah ialah di didik untuk menjadi seorang guru, tepatnya guru SMK karena aku melanjutkan sekolah pada program Pendidikan Tata Boga. Siapa yang menyangka bahwa dari sekian cita-cita waktu kecil yang ku tulis dibuku diary akan menjadi kenyataan. Amin.
 Di dalam program Pendidikan Tata Boga ini aku mendapat banyak pelajaran dari berbagai hal yang aku inginkan pada waktu kecil. Ada cara belajar masak mulai dari yang dasar hingga yang sulit, jika masakan itu terlalu sulit, maka bernyanyi adalah salah satu cara agar pikiran menjadi fresh kembali, sedangkan seni yang ada didalam diri ku pada waktu itu ingin menjadi arsitek dan pelukis dapat dituangkan saat menyajikan makanan agar makanan itu terlihat indah, serta diajarkan bagaimana cara memberikan ilmu yang telah kita pelajari kepada anak didik kita di SMK nanti.
Meskipun latar belakang pendidikan ku adalah SMA jurusan IPS, tetapi aku merasa bahagia karena aku mendapatkan ilmu yang banyak yang belum tentu didapatkan oleh seorang chef pada umumnya. Ilmu sosial yang didapat di SMA juga dapat diterapkan pada mata kuliah yang sedang ku jalani, misalnya pada mata pelajaran Ekonomi. Dalam jurusan Tata Boga ini juga diajarkan kewirausahaan bagaimana cara menjual produk yang telah kita buat (pemasaran), dan sasaran pembelinya. Tentunya pelajaran tersebut sudah ku dapatkan di SMA sehingga dalam mata kuliah ini hanya diaplikasikan dalam bentuk nyata.
Pesan yang diambil dari cita-cita masa kecilku adalah tulisan yang tersimpan dalam buku diary ku tidak akan terbuang sia-sia. Jadi, tak ada salahnya mengajarkan anak kecil untuk bermimpi dan menuangkan cita-citanya ke dalam tulisan agar mereka dapat mencapai cita-cita yang mereka inginkan untuk menjadi sebuah kenyataan. Tak ada yang tak mungkin jika kita mau berusaha mencapai cita-cita kita waktu kecil.

Postingan ini adalah kurikulum KOMBUN periode bulan Mei 2015 dengan tema “Cita-cita Waktu Gue Kecil Dulu”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar