bintang

Kamis, 19 Februari 2015

Kumpulan Resep (diambil dari buku Bara Patirajawane "Catatan dari Balik Dapur Si Tukang Masak)

Spicy Hamburger Mushroom Sandwich
1.      Siapkan 600 gr daging giling sapi super, campur dengan satu bungkus sup instan rasa jamur. Beri ½ sdt merica, ½ sdt bubuk cabe, dan 1 sdm saus sambal (sesuai selera). Aduk rata kemudian diamkan dalam kulkas selama 1-2 jam.
2.      Siapkan 8 lembar roti tawar (boleh roti gandum), olesi dengan sedikit mentega atau olive oil.
3.      Bagi daging menjadi 4 bagian kemudian pipihkan dan bentuk menjadi kotak yang ukurannya melebihi besar roti tawar. Grill daging di atas api. Kalau tidak memiliki grill, boleh juga digoreng dengan api anti lengket hingga kecoklatan, daging akan menciut.
4.      Panggang roti sebentar , taruh daging, jamur kancing (champignon) yang telah diiris tipisdan digoreng sebentar dengan mentega. Beri sedikit mayones dan selembar keju, kalau suka. Hidangkan langsung dengan french fries (kentang goreng) dan saus sambal.


Es Campurnya Si Bob
1.      Sediakan cincau hitam yang dipotong dadu, nata de coco, tapai singkong, tapai ketan hitam, roti tawar yang dipotong dadu, dan nangka. Campurkan semua bahan dalam mangkuk. Tuangkan es serut, sirup merah, kemudian susu kental manis diatasnya. Cari topi fedora hitam, pakai miring di kepala, dan nikmati es campur “Si Bob” ditengah teriknya matahri. Es ini dijamin bersih dari kuman.


Schotel Roti Coklat
1.      Siapkan loyang Pyrexkecil yang telah di olesi mentega.
2.      Beli roti isi coklat, sobek kecil-kecil. Susun sebagian roti didasar loyang.
3.      Lalu, parut keju secukupnya hingga menutupi roti. Tutup lagi dengan sisa robekan roti. Taburi dengan coklat batangan yang dicacah.
4.      Kocok 4 butir relur bersama 200 ml susu atau krim. Beri ½ sdt perasa vanila.
5.      Tuang adonan di atas roti hingga habis.
6.      Taburi 1-2 sdt gula pasir dan panggang dalam ovenbersuhu 180 C selama 30-40 menit.
7.      Hidangkan hangat dengan vla.


Spaghetti Tuna Agil Olio ala Anak Kos
1.      Rebus segenggam spaghetti dalam panci, tiriskan sisihkan dalam wadah. Pada panci yang sama, tuang 2 sdm minyak goreng, kemudian tumis sebentar 1 sdt bubuk bawang putih dan irisan cabe rawit. Aduk, kemudian masukkan ½ kaleng tuna, aduk-aduk lagi. Beri garam, merica, dan sedikit gula. Masukkan spaghetti campur rata. Siap dihidangkan. Boleh ditaburi keju parmesan atau keju biasa kalau ada.


Fruity Energy Breakfast
1.      Ambil 2 genggam muesli (banyak dijual disupermarket di bagian makanan pagi), lalu beri potongan apel, anggur, stroberi, mangga, jeruk, kiwi, nangka. Tuangkan 1 cup yoghurt rasa apa saja dan setengah genggam kacang almond, lalu aduk rata.


Organic Easy Chocolate Cake
1.      Masukkan 1 sdm cacao organik dan 150 gr tepung terigu organik bersama 2 sdt baking powder dalam mangkuk. Masukkan 3 butir telur organik, 150 gr butter organik, dan 150 gr gula pasir organik.
2.      Kocok dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang.
3.      Tuang dalam loyang berdiameter 18 cm, kemudian panggang dalam oven bersuhu 170 C selama 35-40 menit hingga matang. Dinginkan.
4.      Boleh dimakan langsung atau dioles dengan butter cream coklat (organik tentunya).


Chocolate Butter Cream
1.      Aduk 200 gr butter organik dan 1-2 sdm bubuk cacao organik bersama 100 gr gula halus organik hingga rata.
2.      Kocok dengan garpu atau sendok hingga halus.
3.      Lalu, oleskan butter cream organik ini dipermukaan kue.


Udang Mayones Boat Quay
1.      Siapkan 20 ekor udang, kupas kulitnya, cuci bersih, lalu keringkan.
2.      Kocok sebutir  telur lalu masukkan udang dan aduk hingga rata.
3.      Siapkan 50 gr tepung roti, beri sedikit garam dan merica, tabur di atas udang, lalu campur lagi.
4.      Panaskan minyak goreng, lalu goreng udang hingga matang. Tiriskan.
5.      Dalam mangkuk terpisah, campur 4 sdm mayones dengan 1 sdm perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Beri garam, merica, saus sambal, dan gula. Tuang mayones di atas udang.


Caesar Salad
Bahan-bahan:
Beberapa lembar daun selada romaine-sobek kecil
Untuk Dressing:
1.      1 siung bawang putih dibelah dua
2.      4 sdm mayones
3.      2 sdm ikan anchovies-dijual dalam kaleng
4.      ¼ perasan jeruk lemon
5.      1 sdt worchestershire sauce
6.      Sedikit merica
7.      2 sdm parutan keju parmesan
8.      Croutons
Cara membuat:
Siapkan dressing dengan mengoles bawang putih dalam mangkuk kecil. Tuang mayones dengan anchovies, worchestershire sauce, lemon, dan merica. Aduk rata menggunakan garpu hingga anchovies menjadi halus. Campur selada romaine, aduk ringan, dan taburi dengan keju parmesan serta croutons.
Croutons
Buat dari lembaran roti yang sudah lama, buang kulitnya dan potong-potong bentuk dadu (2x2cm). Dalam wajan anti lengket panaskan 2 sdm olive oil, kemudian goreng roti sambil terus diaduk hingga garing. Sebelum diangkat, taburi ¼ sdt bubuk bawang putih. Dinginkan sebelum ditaburi di atas salad. Dibeberapa restoran sudah diciptakan versi salad plus potongan dada ayam panggang. Hidangkan.


Ikan Selar dengan Sambal Gandaria
Ambil segenggam cabe merah keriting. Kalau mau lebih pedas tambahkan 6-8 buah caberawit merah. Taruh dalam cobek, tambahkan ½ sdt terasi, gula, dan garam dan ulek sampai halus. Ambil 3-4 buah gandaria yang besar, cuci bersih kemudian tumbuk bersama cabe.
Goreng ikan selar yang sudah dibersihkan dalam minyak yang banyak hingga kering dan garing. Santap dengan nasi putih hangat dan sambal gandaria.


Cake Coklat Bromo
Lelehkan 200 gr coklat pekat (dark chocolate) dengan 200 gr butter, sisihkan. Timbang telur sebelum dipecah hingga mencapai 200 gr. Lalu kocok dengan 200 gr gula hingga mengembang. Campur 200 gr tepung, aduk rata. Masukan lelehan coklat dan butter tadi, aduk rata. Olesi loyang bulat berdiameter 26 cm dengan butter, kemudian tuang adonan. Panggang dalam oven 180 C selama 25-30 menit. Cake akan kering dipermukaannya, tapi masih lembut ditengahnya.


Hot Dog Mourtade De Dijon
Siapkan 2 tangkup roti hotdog (banyak di pasar swalayan)-belah menjadi dua, lalu olesi tipis dengan mentega. Ambil 4 buah sosis, kamudian panaskan wajan anti lengket. Sayat sedikit sosis lalu goreng tanpa minyak hingga kecoklatan. Sisihkan , lalu panaskan roti hotdog hingga kecoklatan. Sisihkan, lalu panaskan roti hotdog dengan wajan (sisi irisan yang menempel wajan).
Cacah bawang bombay, iris tomat segar, dan bersihkan lembaran selada keriting.
Susun selada dan tomat, beri 2 sosis, taburi cacahan bawang bombay, lalu olesi dengan moster prancis dijon. Kalau saya, tidak dikasih sambal atau saus tomat lagi supaya monsternya berasa.


Cake Chocolate 100
1.      Tim 100 gr coklat pekat batang hingga meleleh.
2.      Tambahkan 100 gr mentegahingga meleleh. Lalu, masukkan 100 gr gula halus dan aduk rata.
3.      Tambahkan 100 gr tepung dan 100 gr telur (± 3 butir), kemudian aduk rata.
4.      Terakhir, masukkan cacahan kasar dari 100 gr kacang almond, mete, kenari, atau kacang jenis lain.
5.      Panggang dalam oven 200C dan panggang selama 12-15 menit. Cake akan terasa masih basah pada tengah, tetapimememang itu maksudnya.


Serabi Pancake
1.      Campur 150 gr tepung beras dengan 50 gr tepung terigu. Lalu, beri ¼ sdt garam dan ½ sdt soda kue. Aduk rata.
2.      Masukkan  100 ml santan siap pakai yang telah diencerkan dengan 100 ml airbersama 1 butir telur, kocok rata. Diamkan adonan selama 30 menit kemudian goreng menggunakan wajan mini diatas api sedang hingga mengembangdan berlubang-lubang.
3.      Untuk kuahnya, masukkan kedalam panci 150 ml santan siap pakai bersama 100 ml air, 4 sdm gula palem dan ¼ sdt garam. Kemudian, panaskan diatas api kecil hingga gula larut.


Birthday Cupcakes
Kocok 250 gr mentega dengan 200 gr gula hingga mengembang. Masukkan 5 butir telur  satu persatu sambil terus mengocok adonan hingga mengembang. Ayak 200 gr tepung dengan 50 gr maizena, tambahkan 50 gr cacao dan 1 sdt baking powder. Kemudian, campur dengan adonan kocokan telur dan mentega. Tambahkan 100 gr selai (dengan rasa menurut selera) dan aduk rata. Tuang adonan tersebut dalam mangkuk kertas cupcake hingga penuh, lalu panggang dalam oven 180 C selama 25-30 menit hingga matang. Dinginkan, kemudian olesi dengan buttercream siap pakai. Jangan lupa berikan hiasan di atasnya. Susun cupcakes berdempetan hingga membentuk kue tart (kotak atau bulat) dan tancapkan lilin ulang tahun.


Dieng Plateau Chocolate Cake
Kocok 225 gr mentega butter dengan 150 gr gula halus dengan lembut dan pucat (gunakan mixer), tambahkan 5 butir telur-satu per satu-sambil terus dikocok hingga adonan mengembang. Lelehkan 125 gr dark chocolate-dinginkan sedikit. Haluskan 100 gr biskuit oreo yang krim tengahnya sudah disisihkan.  Campurkan kocokan mentega, gula halus, dan telur dengan oreo dan 100 gr tepung. Terakhir, tambahkan lelehan coklat. Tuang dalam loyang yang sudah diolesi mentega, kemudian panggang dalam oven 175 C selama 30-35 menit hingga matang. Nikmati dengan kopi atau teh hangat di udara dingin seperti di Dieng Plateau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar